Mengenal Teori Gestalt pada Visual Sensation

Sebelum masuk ke iklan parodi kita, ada baiknya mengenal dulu mengenai persepsi visual nih. nanti yang akan dibahas itu merupakan salah satu dasar terciptanya iklan – iklan yang dipakai sekarang, jadi tidak ada salahnya kan buat nambah ilmu? jadiii…..

Pertama- tama, dasar-dasar isyarat persepsi visual dapat dibagi menjadi 2 kelompok prinsip, yaitu:
> Sensual / Visual Sensation (respon secara rangsangan fisik tanpa ada arti, sel-sel saraf dari telinga, hidung, mata dan tangan menyampaikan informasi langsung ke otak)

vispath

> Perceptual / Visual Perception (sebuah kesimpulan dari semua informasi yang dikumpulkan oleh sel-sel organ indera, dan menghasilkan sebuah arti).

image002
Visual Sensation (sensual) adalah stimulus dari luar yang mengaktifkan sel saraf dari organ perasa (telinga, mata, hidung, tangan). Visual Sensation memiliki 2 pandangan teori, yaitu: gestalt dan constructivism. Visual Perception adalah hasil dari informasi yang diterima organ perasa. Jadi setelah visual sensual diterima oleh kita, akan diproses menjadi sebuah arti. Visual Perceptionmemiliki 2 pandangan teori, yaitu: semiotic dan cognitive.

kita bahas dulu Teori Gestalt ya..

 Teori Gestalt
Gestalt dari bahasa Jerman artinya form or shape. Pengelompokan elemen sensual / sebuah bentuk dari keberagaman kelompok, kombinasi elemen-elemen yang berlainan ke dalam satu adegan (komposisi) dan dimengerti oleh otak melalui 4 prinsip fundamental dari pengelompokan. Empat (4) prinsip tersebut disebut hukum: Similarity (kesamaan bentuk), Proximity (Kedekatan posisi), Continuation (Kesinambungan pola), Common fate (kesamaan arah gerak).
Similarity adalah bentuk visual berdasarkan kesamaan ukuran, bentuk, warna, gerakan dan kesederhanaan (simple). Prinsipnya menekankan pada bentuk dasar seperti persegi panjang, lingkaran, dan segitiga. Jadi otak kita memberikan pilihan kemudian kita memilih bentuk yang paling sederhana dan stabil untuk berkonsentrasi.

gestalt-closure

Gambar di atas akan membuktikan bahwa kita akan melihat bentuk lain di dalam lingkaran karena garis yang sama.

Pikiran akan mengkategorikan elemen-elemen menjadi kelompok atau pola. Objek akan tampil berupa bentuk, warna, ukuran, brightness, dll. Untuk membuat perhatian pada gambar dapat membuat objek dengan bentuk lain dari sekitarnya sehingga menghasilkan perhatian. Kadang untuk menarik perhatian pada visual diterapkan konsep dissimilarity.

dissimilarLogo ini memperlihatkan disimilarity bentuk

Proximity adalah bentuk visual dari objek-objek yang berdekatan dan dilihat sebagai sebuah kelompok, unit, dan pola. Proximity merupakan sebuah cara yang sederhana dalam mengorganisir objek dalam sebuah komposisi.

dac4c01ed78d4fac932bb92d8df52df9Elemen-elemen yang berdekatan akan membentuk sebuah bentuk atau kelompok baru

Continuation adalah sebuah arah yang dituju oleh mata dengan halangan yang minim. Arah yang dituju atau arah pandang diwakili oleh sesuatu atau garis yang bergerak secara berkelanjutan dengan halus menarik perhatian kita. Contoh: garis dalam hal ini bisa berupa kumpulan kata, gambar, atau kumpulan objek yang membentuk garis. Objek yang membentuk garis secara mental akan terpisah dari objek yang bukan bagian dari garis tersebut. Untuk suatu bentuk (tanda panah atau tangan) yang menunjukkan arah dinamakan common fate, tetapi semua ini merupakan tampilan visual yang menunjukkan arah pandang.

Pendekatan gestalt hanya mendeskripsikan persepsi daripada memberikan penjelasan bagaimana persepsi ini memberikan arti pada sebuah gambar. Banyak ahli gestalt melakukan penelitian mengembangkan pendekatan ini, yang disebut pendekatan constructivism. Pendekatan constructivism merupakan klarifikasi kecil dari pendekatan gestalt, dimana constructivism menekankan pada pergerakan mata pengamat pada keadaan persepsi aktif. Alasannya adalah hubungan antara pergerakan mata saat melihat dan pengalaman orang mengunci ingatan orang dalam membantu menjelaskan sebuah gambar tidak pernah dibuat jelas. Penelitian mengenai bagaimana melihat sebuah visual dinamakan teori Scada, penelitian ini memberikan sebuah grafik yang menunjukkan mata memiliki kecenderungan melihat bagian-bagian yang menarik perhatian.

untitled16Garis-garis yang tebal adalah hasil dari kecenderungan mata melihat pada bagian-bagian yang menarik perhatian.

Soo sekian dulu penjelasan saya mengenai gestalt.. semoga membantu !

gambar : google

review : Mariana martha 915140232

 

Tinggalkan komentar